Desa Hameli Ate

Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya
Prov. Nusa Tenggara Timur

Loading

Desa Hameli Ate

Perayaan

Hari Ayah

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik

Berita Desa

"Rafael Rangga Nduru Manna, seorang kelompok karang Taruna Mekar Desa Hameli Ate, sekaligus sebagai Mahasiswa  aktif di Universitas Katolik Weetebula,(UNIKA) Program Studi pendidikan Keagamaan Katolik semester VII, Sumba, NTT, ini berpendapat " Bahwa Dalam pendidikan, motivasi belajar sangat penting bagi peserta didik guna mencapai tujuan belajar yang sempurna. Oleh karena itu, Motivasi belajar adalah faktor yang bisa menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam sebuah pendidikan. Namun yang menjadi permasalahan akan mutu pendidikan di tanah Sumba adalah rendahnya mutu proses pembelajaran seperti kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran.

Saya adalah seorsang Mahasiswa aktif UNIKA (Universitas Katolik Waitabula) di Sumba Barat Daya, dan juga seorang anak Muda Karang Taruna Mekar Sama Desa Hameli Ate, yang perna mengalami proses pendidikanm dari Tingkat bawah,sampai saat ini, sehingga berdasadarkan pengalaman ini,saya berani berpendapat bahwa dengan pengalaman pribadi,dan fakta lapangan yang ditemui Ketika mendapatkan tugas praktek lapangan dari Kampus, dalam pendampingannya, saya menemukan beberapa peserta didik yang memiliki kemauan dalam belajar sangatlah rendah. Akibat dari kurangnya motivasi belajar peserta didik ini sehingga banyak yang cepat merasa bosan, bermalas-malasan di kelas, dan peserta didik juga tidak mampu memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru-guru mereka. Oleh sebab itu, banyak peserta didik akan memilih kegiatan di luar dari konteks pembelajaran, seperti bermain hp, mengobrol dengan teman, bahkan ada yang sampai tidur ketika guru sedang menjelasakan materi pelajaran.

Menurut saudara Rival, bahwa Setiap peserta didik  di Tanah Sumba ini, memang memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda-beda ketika mengikuti kegiatan belajar disekolah. Ada peserta didik yang datang  dengan kondisi psikologis yang baik, maka akan menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan lebih fokus dalam pembelajaran. Begitu pun sebaliknya, jika peserta didik datang dengan kondisi psikologis yang buruk maka akan berpengaruh buruk pada proses pembelajarannya. Dari perbedaan tingkat motivasi belajar pada peserta didik inilah yang menjadi permasalahan untuk mencapai tujuan pembelajaran disekolah. Sehingga banyak terjadi adanya peserta didik yang kurang berprestasi bukan karena tidak mampu dalam pemahaman melainkan kurangnya motivasi dalam diri peserta didik itu sendiri. menurutnya bahwa Belajar tanpa motivasi sulit untuk mencapai sebuah keberhasilan secara optimal. Oleh karena itu, pemberian motivasi pada peserta didik merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh seorang pendidik.

Menurut saudara Rafael Rangga Nduru Manna (Rival) Calon Pembina Umat Stasi Beato Redemptus Ikit di Desa Hameli Ate, ini mengatakan bahwa Rendahnya motivasi belajar pada peserta didik di Sumba tidak hanya bersumber dari dalam diri peserta didik, melainkan dari luar diri peserta didik itu sendiri. Dari permasalahan ini, saya akan memaparkan beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dan beberapa solusi yang ditawarkan.

Faktor penyebab kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran:

  1. Kurangnya perhatian dari orang tua

Keluarga adalah peranan yang sangat penting bagi pendidikan anak, karena keluarga terutama orang tua lah lingkungan dan orang yang pertama kali dikenal oleh anak, sehingga pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua. Namun pada kenyataannya banyak orang tua yang tidak begitu memperhatikan bahkan seolah-olah mengesampingkan pendidikan anak-anak mereka. Karena orang tua yang demikian menganggap bahwa pendidikan adalah tanggung jawab guru dan sekolah. Jika orang tua tidak memperhatikan pendidikan anaknya, maka anak akan cenderung atau bahkan tidak memiliki kemauan belajar yang tinggi. Dari kurangnya perhatian yang diberikan orang tua inilah merupakan salah satu indikator penyebab rendahnya motivasi anak dalam proses pembelajaran. Namun faktor utama dari kurangnya motivasi belajar pada peserta didik disebabkan oleh ketidakharmonisan keluarga atau dengan kata lain adalah keluarga broken home. Peserta didik yang tumbuh di lingkungan keluarga broken home cenderung kurang mendapat perhatian sehingga menyebabkan peserta didik kurang termotivasi dalam belajar. Hal ini ditunjukkan dengan peserta didik yang tak acuh dalam proses pembelajaran, tidak mengerjakan PR, sering terlambat atau bahkan sering bolos sekolah.

  1. Gaya mengajar guru yang membosankan

Peran guru sangat penting dalam suatu proses pembelajaran. Dan seorang guru perlu  menyiapkan siswa sebaik mungkin untuk siap menerima dan mengikuti proses pembelajaran guna mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru pun hendaknya dapat menarik perhatian peserta didik dan membangkitkan semangat agar peserta didik selalu berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Namun faktanya, beberapa guru menganggap bahwa proses pembelajaran hanya sebatas menyampaikan topik kepada peserta didik tanpa dibarengi dengan motivasi dan variasi dalam mengajar. Hal ini lah yang menjadi faktor penyebab peserta didik mengalami kebosanan dan kejenuhan dalam kegiatan belajar.

Menurut Rival bahwa ia telah melakukan pengamatan dan pendampingan beberapa siswa, dan menemukan beberapa faktor yang menyebabkan seorang siswa tidak memiliki kemauan dalam menyerap mata Pelajaran yang ada, sehingga ia berani memberikan  Solusi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran

  1. Metode pembelajaran yang beragam

Guru harus mampu menyajikan pembelajaran yang menarik dan asing bagi peserta didik seperti contectual teaching & learning (CTL), dan quantu teaching. Suatu informasi yang jika disampaikan dengan teknik yang baru dan didukung dengan alat-alat berupa sarana atau media teknologi yang belum pernah dikenal oleh peserta didik maka peserta didik akan tertarik, antusias, dan lebih kreatif dalam pembelajaran. Dengan adanya pembelajaran yang menarik maka akan membangitkan rasa ingin tahu yang selanjutnya peserta didik akan termotivasi dalam pembelajaran.

  1. Perhatian orang tua

Perhatian orang tua memiliki pengaruh psikologis yang besar terhadap kegiatan belajar anak, karena dengan adanya perhatian dari orang tua ini lah yang menjadikan anak lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar. Bahkan hal-hal kecil seperti berkomunikasi dengan disertai humor, memberikan nasihat, dan semacamnya, dapat membuat anak merasa disayang dan diperhatikan sehingga motivasi belajar pada peserta didik akan meningkat.

Jadi menurut Saudara Rafael seorang Mahasiswa Unika Waitabula Jurusan Agama Katolik semester VII ini mengatakan bahwa, kurangnya motivasi belajar peserta didik tidak semata-mata dari dalam diri peserta didik itu sendiri melainkan dari luar diri peserta didik. Dan guru sebagai pendidik berkewajiban untuk membangkitkan motivasi peserta didik dalam belajar. Peran orang tua pun sama hal nya dengan guru, namun tanggung jawab orang tua dalam memberikan motivasi lebih besar dari peran seorang guru. Faktanya, orang tua terlalu cuek akan proses belajar anak entah karena faktor sibuk bekerja atau bahkan faktor lainnya. Inilah penyebab anak mengalami gangguan psikis yang berdampak pada motivasi belajar anak disekolah. Padahal motivasi belajar merupakan salah satu faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan di Sumba.

“Artikel motovasi belajar oleh Mahasiswa Jurusan Agama Katolik Semester VII UNIKA Waitabula”(RIVAL)

 

 

 

.

 

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Desa

878

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI878penduduk

94

PEREMPUAN

PEREMPUAN94penduduk

972

TOTAL

TOTAL972penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

KAUR UMUM

PAULUS POTE KODI

ROFINUS RANGGA MONE

Tidak Ada di Kantor

Kaur Bendahara

STEFANUS REHI KAKA

Tidak Ada di Kantor

Kepala dusun III

MATEUS GHERU KAKA

Tidak Ada di Kantor

Kepala Dusun II

DAVID DARA TOMBO

Tidak Ada di Kantor

Kepala Desa Hameli Atw

OKTAVIANUS BENGO DAHA, S.Pd, MH

Tidak Ada di Kantor

GURU

MARIA MAGDALENA KAKA

Tidak Ada di Kantor

GURU

PAULINA GHERU WALU

Tidak Ada di Kantor

Anak Sekolah

CHRISTIAN GENJI KAKA

Tidak Ada di Kantor

-

BENEDIKTUS DE MILO AGLER MONE

Tidak Ada di Kantor

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

0

Surat

Bulan Ini

0

Surat

Bulan Lalu

0

Surat

Tahun Ini

0

Surat

Tahun Lalu

12

Surat

Total

31

Surat

Peta Desa

Agenda

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 09 April 2020 05:59:18
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :
Statistik Pengunjung
Hari ini : 11
Kemarin : 120
Total Pengunjung : 59.444
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.144.21.180
Browser : Mozilla 5.0
Peta Desa

Agenda

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 09 April 2020 05:59:18
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :
Statistik Pengunjung
Hari ini : 11
Kemarin : 120
Total Pengunjung : 59.444
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.144.21.180
Browser : Mozilla 5.0

Transparansi Anggaran

APBDesa 2023 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 10.000.000,00Rp. 10.000.000,00

100%

APBDesa 2023 Pendapatan

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 10.000.000,00Rp. 10.000.000,00

100%

APBDesa 2023 Pembelanjaan

Pemerintah Desa

PAULUS POTE KODI

KAUR UMUM

ROFINUS RANGGA MONE


Tidak Ada di Kantor

STEFANUS REHI KAKA

Kaur Bendahara
Tidak Ada di Kantor

MATEUS GHERU KAKA

Kepala dusun III
Tidak Ada di Kantor

DAVID DARA TOMBO

Kepala Dusun II
Tidak Ada di Kantor

OKTAVIANUS BENGO DAHA, S.Pd, MH

Kepala Desa Hameli Atw
Tidak Ada di Kantor

MARIA MAGDALENA KAKA

GURU
Tidak Ada di Kantor

PAULINA GHERU WALU

GURU
Tidak Ada di Kantor

CHRISTIAN GENJI KAKA

Anak Sekolah
Tidak Ada di Kantor

BENEDIKTUS DE MILO AGLER MONE

-
Tidak Ada di Kantor